Tuesday 1 December 2015

Persitara Jakarta Utara Crest/Logo Design

Kali ini saya membuat logo untuk salah satu klub sepak bola yang berasal dari ibu kota, yaitu Persitara Jakarta Utara. Persatuan Sepak bola Indonesia Jakarta Utara (disingkat Persitara) adalah sebuah klub sepak bola profesional yang bermarkas di Jakarta Utara. Persitara berdiri pada tahun 1975 dengan nama Persija Timur-Utara (Persijatimut).

Sama halnya dengan tim asal Jakarta lainnya, Persitara hidup dari sokongan dana APBD DKI Jakarta. Hanya saja, sejak berdirinya, Persitara tidak mendapatkan kucuran dana rakyat sama seperti yang diterima saudara tuanya Persija Jakarta.

Puncaknya ketika tampuk kepemimpinan di ibu kota dipegang Sutiyoso selama dua periode. Persitara sama sekali tidak diperhitungkan dan hanya dianggap sebagai tim pelengkap. Terlebih dengan munculnya wacana "Jakarta Satu". Yakni hanya satu tim sepak bola yang tampil mewakili Jakarta. Itu dilihat dari dana APBD yang diperoleh. Persija mendapat dana APBD sekitar Rp22 miliar, sementara Persitara hanya kebagian Rp3 miliar.

Namun, semangat juang dan pantang menyerah tim yang saat itu masih dipimpin mantan Walikota Jakarta Utara Effendi Anas itu tidak pernah kendur. Termasuk melawan wacana "Jakarta Satu" itu, meski dengan keterbatasan dana yang dimiliki. Itu pula yang membuat beberapa tim lain di Jakarta, seperti Persija Barat, Persija Selatan, tidak tidak bisa bertahan.

Tak kunjung mendapat perhatian dari Pemprov DKI, prestasi Persitara pun terjun bebas, hingga berada di kasta terendah divisi dua pada musim 2002. Dari situlah tim yang diterima menjadi anggota PSSI sejak 1980 ini mulai merajut prestasi, hingga akhirnya bisa menembus Superliga, yang kali ini merupakan musim keduanya digelar.

Yang paling tragis tentunya adalah Persijatimur, yang merupakan pecahan dari Persitara. Karena merasa kurang mendapat perhatian di ibukota akhirnya tim ini dijual ke Pemprov Sumatera Selatan, yang kemudian berubah nama menjadi Sriwijaya Football Club (SFC).

Di era perserikatan, prestasi terbaik Persitara terjadi pada musim 1985/86, ketika sukses menembus divisi utama. Sayang, Mansyur Lestaluhu dan kawan-kawan kala itu hanya mampu bertahan satu musim di level atas kompetisi sepak bola nasional dan kembali ke divisi satu.



Logo ini menggunakan warna biru langit yang diambil dari logo asli Persitara. Ada beberapa makna yang terkandung dari bagian-bagian yang terdapat dalam logo. Tugu Monas menunjukkan bahwa Persitara Jakarta Utara merupakan salah satu klub sepak bola yang berasal dari ibu kota DKI Jakarta. Api yang terdapat diatas tugu dibuat membara berwarna merah yang menggambarkan semangat membara para pemain Persitara dalam setiap pertandingan. Gelombang air menggambarkan bahwa di Jakarta Utara terdapat Teluk Jakarta, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Pelabuhan Sunda Kelapa yang sangat terkenal sejak jaman penjajahan.

Saya membuat logo ini karena saya melihat logo Persitara Jakarta Utara memiliki banyak kemiripan dengan logo Persija Jakarta. 








0 komentar:

Post a Comment

Contact

Alamat:

Jl.Singkurmulya No.19 RT06/RW12 Kel.Pasirkaliki Kota Cimahi

Jam Kerja:

Senin - Jum'at : 19.00-23.00

Sabtu - Minggu / Hari Libur : 08.00-24.00

sms SMS:

+628562289485

sms BBM:

5FADA850

sms Line:

firmanhendikaa

sms Email:

firmanhendika01@gmail.com